Home > Windows > Returnil Virtual System Personal Edition v3.0 (2010)

Returnil Virtual System Personal Edition v3.0 (2010)

Pernahkah Anda pergi ke warnet atau suatu LAN di kantor? saat itu ada suatu program yang Anda pasangkan (Install) tiba-tiba hilang atau kembali seperti semula setelah komputer yang Anda gunakan atau Anda Install suatu program di Restart atau dimatikan. Dan muncul dalam benak Anda, “Kenapa bisa seperti ini ?? “.

Sebenarnya hal tersebut terjadi karena sistem operasi pada komputer yang Anda gunakan sedang di proteksi untuk menjaga konfigurasi komputer terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, dan juga terhadap serangan virus.

Ada berbagai macam cara untuk melindungi komputer Anda. Mulai dari memakai antivirus yang up-to-date sampai memakai software yang dapat melindungi sistem seperti yang Anda alami. Salah satunya adalah DeepFreeze, tetapi DeepFreeze bersifat shareware, sehingga Anda tidak dapat memakainya jika digunakan setelah selang waktu tertentu. Nah, software yang serupa dengan DeepFreeze tetapi sifatnya freeware adalah Returnil (“Returnil Virtual System 2010 Home Free”). Memasuki tahun 2010 ini, Returnil meluncurkan versi 3.0.

Dengan memakai teknologi virtualisasi yang menjamin akan keamanan sebuah partisi, software ini cukup stabil dan dapat dijadikan alternatif pengganti Deep Freeze. Tetapi software ini memiliki sebuah kelemahan yang fatal menurut saya, yaitu hanya bisa dipakai untuk memproteksi partisi C (punyanya Windows). Dan jika Anda hanya memiliki satu buah partisi (hanya partisi C)  sedangkan dokumen-dokumen yang Anda buat di simpan pada MyDocument di C, maka dokumen-dokumen Anda akan hilang setelah komputer di Restart atau dimatikan.

Saran saya sebelum Anda menggunakan aplikasi Returnil ini atau semua aplikasi yang sifatnya mengunci sistem Anda, buatlah partisi lain yang dibuat khusus untuk data, dan arahkan target My Document (Klik kanan My Documents | Properties) ke partisi tersebut. lihat gambar berikut ini sebagai contoh.

Untuk melihat status Returnil aktif mengunci atau tidak sistem, salah satunya dengan melihat gambar ikon logo returnil di taskbar. Bila berwarna merah kondisi aktif (ON), bila berwarna hijau kondisi tidak aktif (OFF). perhatikan gambar berikut.

Nilai Plus untuk Returnil 2010 ini adalah beberapa fitur kunci dari “Returnil Virtual System 2010 Home Free”, yaitu:

  • Menjaga sistem anda aman saat terhubung ke Internet
  • Virus, Trojans, Worms, Adware, Spyware, Keyloggers, Rootkits dan konten yang tidak diinginkan menghilang dengan sederhana setelah di reboot (Restart)
  • Melaksanakan pengaturan dan melindungi privasi Internet Anda
  • Membantu mengurangi memakai disk secara keseluruhan dengan menyalin dan operasi sistem anda dari memori daripada hard disk
  • Menghemat waktu dan uang dengan sangat memperlancar sistem
  • Mengurangi atau menghilangkan kebutuhan rutin disk de-fragmentasi
  • Sama sekali tidak meninggalkan jejak kegiatan komputer
  • Menghilangkan bahaya mengevaluasi software baru
  • Integrasi dengan didukung Windows Operating System
  • Mudah digunakan, sederhana untuk mengkonfigurasi, dan satu alat dalam gudang yang akan di sana untuk menyelamatkan hari ketika semuanya gagal
  • “garis pertahanan” terhadap perangkat lunak berbahaya

Namun sarat yang digunakan agar bisa Optimal adalah RAM 512MB
Returnil bisa Anda dapatkan dengan klik di sini yang sudah saya Sharing.

Semoga bermanfaat.

Categories: Windows
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: