Home > umum > Tipe-tipe Virus Komputer

Tipe-tipe Virus Komputer

Virus komputer adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang dibuat dengan sengaja untuk dimasukkan ke pengguna komputer tanpa izin atau sepengetahuannya, dengan kemampuan untuk mereplikasi dirinya sendiri, sehingga terus menyebar. Beberapa virus menyebar sedikit dan meniru sejenis program yang dapat menyebabkan kerusakan parah atau efek negatif program dan kinerja sistem. Sebuah virus tidak boleh dianggap tidak berbahaya dari pada sebuah sistem. Pada umumnya jenis virus yang disebutkan adalah sebagai berikut :

Resident Virus
Jenis virus ini adalah permanen yang tinggal di dalam memori RAM. Dari sana ia dapat mengatasi dan menghentikan semua operasi dieksekusi oleh sistem: merusak file dan program yang dibuka, ditutup, disalin, diubah namanya dll

Contohnya meliputi: Randex, CMJ, Meve, dan MrKlunky.

Direct Action Viruses
Tujuan utama virus ini adalah untuk meniru dan mengambil tindakan ketika dijalankan. Ketika kondisi tertentu terpenuhi, virus akan masuk ke dalam tindakan dan menginfeksi file dalam direktori atau folder bahwa di dalam dan di direktori yang ditentukan pada file autoexec.bat PATH. File batch ini selalu terletak di direktori root dari hard disk dan melakukan operasi-operasi tertentu ketika komputer di-boot.

Overwrite Viruses
Virus jenis ini dicirikan menghapus informasi yang terdapat dalam file yang terinfeksi, membuat mereka sebagian atau sama sekali tidak berguna sekali mereka telah terinfeksi.

Satu-satu cara untuk membersihkan file yang terinfeksi oleh virus ini adalah menghapus file sepenuhnya, namun dengan demikian kehilangan konten asli.

Contoh virus ini meliputi: Way, Trj.Reboot, Trivial.88.D.

Boot Virus
Jenis virus ini mempengaruhi sektor boot dari sebuah floppy atau hard disk. Ini adalah bagian penting dari sebuah disk, di mana informasi di disk itu sendiri disimpan bersama dengan sebuah program yang memungkinkan untuk boot (mulai) komputer dari disk.

Cara terbaik untuk menghindari virus boot adalah untuk memastikan bahwa disket harus write protected dan tidak pernah memulai komputer Anda dengan disket yang un known dalam disk drive.

Contoh virus boot meliputi: Polyboot.B, AntiEXE.

Virus Makro
Macro virus menginfeksi file yang dibuat menggunakan aplikasi atau program tertentu yang berisi macro. Mini-program ini memungkinkan untuk mengotomatisasi serangkaian operasi sehingga mereka dilakukan sebagai satu tindakan, dengan demikian menyelamatkan user harus membawa mereka keluar satu per satu.

Contoh virus makro: Tenang, Melissa.A, Bablas, O97M/Y2K.

Virus Directory
Direktori virus mengubah jalan yang menunjukkan lokasi dari sebuah file. Dengan mengeksekusi sebuah program (file dengan ekstensi. EXE atau. COM) yang telah terinfeksi oleh virus, Anda yang secara tidak sadar menjalankan program virus, sedangkan file asli dan program sebelumnya telah dipindahkan oleh virus.

Setelah terinfeksi maka akan menjadi mustahil untuk menemukan file asli.

Polimorphic Virus
Virus polimorfik mengenkripsi atau menyandikan diri mereka dengan cara yang berbeda (menggunakan algoritma yang berbeda dan kunci enkripsi) setiap kali mereka menginfeksi sistem.

Hal ini tidak mungkin untuk anti-virus untuk menemukan mereka menggunakan pencarian string atau tanda tangan (karena mereka berbeda di setiap enkripsi) dan juga memungkinkan mereka untuk membuat sejumlah besar salinan sendiri.

Contohnya meliputi: Elkern, Marburg, Setan Bug, dan Tuareg.

File Infectors
Jenis virus ini menginfeksi program atau file executable (file dengan ekstension. EXE atau. COM ekstensi). Ketika salah satu dari program-program ini dijalankan, secara langsung atau tidak langsung, virus ini diaktifkan, menghasilkan efek yang merusak itu diprogram untuk melaksanakan. Mayoritas virus yang ada masuk kategori ini, dan dapat diklasifikasikan tergantung pada tindakan yang mereka lakukan.

Companion Viruses
Companion virus dapat dianggap virus file infector seperti resident atau jenis tindakan langsung. Mereka dikenal sebagai virus pendamping karena begitu mereka masuk ke dalam sistem mereka “menumpang” file lain yang sudah ada. Dengan kata lain, dalam rangka untuk melaksanakan rutinitas infeksi, virus pendamping bisa menunggu di dalam memori sampai sebuah program sedang berjalan (resident virus) atau segera bertindak dengan membuat salinan sendiri (aksi langsung virus).

Beberapa contoh termasuk: Stator, Asimov.1539, dan Terrax.1069

FAT Viruses
Alokasi file tabel atau FAT adalah bagian dari sebuah disk yang digunakan untuk menghubungkan informasi dan merupakan bagian penting dari fungsi normal komputer.
Jenis serangan virus bisa sangat berbahaya, dengan mencegah akses ke bagian tertentu dari disk tempat file-file penting tersimpan. Kerusakan yang disebabkan informasi dapat mengakibatkan kerugian dari setiap file atau bahkan seluruh direktori.

Worms
Sebuah worm adalah sebuah program yang sangat mirip dengan virus, tetapi memiliki kemampuan untuk mereplikasi diri, dan dapat menyebabkan efek negatif pada sistem anda dan yang paling penting mereka terdeteksi dan dihilangkan oleh antiviruses.

Contoh worm meliputi: PSWBugbear.B, Lovgate.F, Trile.C, Sobig.D, Mapson.

Trojan atau Trojan Horses
Jenis kode berbahaya Trojan atau Trojan horse adalah tidak seperti virus yang tidak mereproduksi oleh menulari file lainnya, juga tidak mereplikasi diri seperti cacing.

Logic Bombs
Mereka tidak dianggap virus karena mereka tidak membelah diri. Mereka bahkan adalah program-program parasit.

Tujuan mereka adalah untuk menghancurkan data pada komputer sekali kondisi-kondisi tertentu.Logic Bombs tidak terdeteksi sampai pertama kali menginfeksi, dan hasilnya bisa merusak.

Categories: umum
  1. January 11, 2016 at 5:32 am

    It’s really very complex in this full of activity life to listen news on Television, so
    I just use internet for that purpose, and obtain the most up-to-date information.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: