Home > umum > Menjaga Komputer Tetap Aman dari Spyware

Menjaga Komputer Tetap Aman dari Spyware

Spyware adalah istilah yang dapat memiliki lebih dari satu arti. Sering merujuk pada software yang menjelajahi sesorang yang Surfing di Web untuk tujuan pemasaran, dan banyak perusahaan yang sah menggunakan bentuk spyware, yang dikenal sebagai adware, untuk tujuan komersial sepenuhnya.

Istilah spyware bisa, bagaimanapun berimplikasi berbahaya. Hal ini dapat dengan mudah merujuk kepada perangkat lunak untuk tujuan ilegal seperti mencuri identitas individu atau pembajakan account pribadi seseorang.

Menjaga komputer kita bebas dari spyware merupakan? salah satu cara penting untuk menjaga privasi informasi pribadi kita tetap utuh dan. Tips berikut dapat membantu Anda memastikan bahwa PC Anda aman dari pengintai, mata-mata, orang-orang yang akan mencoba untuk mengakses data komputer anda tanpa persetujuan Anda.

  1. Gunakan firewall untuk melindungi komputer Anda dari spyware saat Anda sedang berselancar atau men-download sesuatu dari Web. Sistem operasi Anda atau penyedia jasa layanan internet mungkin sudah menyediakan firewall. Jika tidak, free firewall, seperti Zone Alarm, tersedia secara online. Periksa untuk memastikan Anda memiliki firewall dan bahwa itu dihidupkan. Beberapa perangkat lunak telah diprogram untuk tidak hanya mengelabui pengguna untuk men-download dengan tidak curiga, tapi juga untuk menonaktifkan firewall dan anti-malware lainnya sekali program itu di-download.
  2. Berhati-hatilah ketika Anda download! Jika tiba-tiba muncul jendela saat Anda sedang online dan memberitahu Anda untuk memperbarui salah satu program Anda, seperti Java, jangan lakukan itu! Sebagian besar malware di-download dengan cara ini. Sebaliknya, pergi langsung ke website dari perusahaan yang menyediakan program, periksa apakah pembaruan tersedia, dan jika diberi pilihan, pilih “offline instalasi” saat men-download itu. Tutup program lain saat men-download, dan menunggu untuk menginstal pembaruan sampai setelah Anda menutup sambungan Internet Anda.
  3. Download dari website resmi yang dilengkapi program anti-spyware. Jika Anda tidak yakin tentang keamanan dari sebuah program tertentu, lakukan sedikit riset online. Cari tinjauan pada teknologi website atau blog atau kunjungi forum-forum anti-malware seperti Komputer yang menggunakan ahli komputer untuk membantu orang menghilangkan malware PC mereka. Beberapa program yang dapat melindungi komputer Anda dari malware adalah Avast! atau antivirus AVG, Ad-Aware, Spybot Search and Destroy, Windows Defender, dan Malwarebytes Anti-Malware. Program ini akan mendeteksi dan menghapus perangkat lunak berbahaya atau virus dari PC Anda.
  4. Perlindungan tetap diaktifkan (real-time). Ini akan membantu mencegah spyware yang didownload ke komputer Anda dari tempat pertama. Sedangkan perlindungan hanya boleh aktif dalam satu program anti-virus pada suatu waktu, beberapa program anti-spyware mungkin umumnya menjalankan perlindungan real-time secara bersamaan tanpa menyebabkan masalah.
  5. Jadwal periodik waktu boot-scan untuk melindungi komputer Anda. Sekali program jahat itu sendiri telah dimasukkan ke dalam daftar startup, itu akan reload setiap kali Anda boot PC Anda.
  6. Jadwal rutin scan cepat dan penuh komputer Anda. Quick scan umumnya harus Anda pengaturan default, dengan scan dijadwalkan sekali dalam sehari. Kapan saja spyware telah terdeteksi, selalu bijaksana untuk melembagakan memindai penuh. Selain cepat harian scan, full scan harus dijalankan setiap minggu atau dua, bahkan jika tidak ada spyware telah ditemukan, hanya untuk berjaga-jaga.
  7. Sebelum memulai scan, pastikan update anti-spyware program database telah di-download. Beberapa program mendownload update secara otomatis dan sebagian lain harus manual men-download.
  8. Selalu pastikan bahwa situs web yang Anda download dapat dipercaya. Jika perlu, penelitian secara online, jika Anda tidak yakin, menunggu di download, menyimpan link sampai Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang situs.
  9. Gunakan e-mail yang aman. Jika penyedia e-mail menawarkan pilihan koneksi aman, gunakanlah. Jangan pernah mengklik link dalam e-mail kecuali Anda tahu itu dari sumber yang dapat dipercaya, dan tidak pernah membuka lampiran dari orang asing atau bahkan dari keluarga atau teman-teman jika pesan tampaknya tidak pada tempatnya dan belum pernah didapatkan pada e-mail sebelumnya. Jika perlu, tanyakan kepada orang yang mengirim e-mail untuk mencari tahu apakah lampiran dimasukkan.
  10. Menggunakan penilaian yang baik ketika mengunjungi situs media sosial seperti Facebook, yang kadang-kadang dapat membahayakan keamanan PC Anda. Gunakan password yang kuat dan menggantinya secara berkala untuk mencegah hacker mengakses account Anda. Jika Anda bahkan menduga bahwa keamanan Anda mungkin telah dikompromikan, ubah password Anda segera. Periksa pengaturan keamanan account Anda, dan menetapkan batas-batas yang wajar yang dapat mengakses posting Anda. Jika browser anda memberikan pesan peringatan tentang keamanan dari sebuah Facebook (atau yang lain) link Anda mencoba untuk mengunjungi, jangan lanjutkan! Peringatan ini dimaksudkan untuk melindungi Anda.

Dengan banyak anti-spyware program yang tersedia saat ini, menjaga keamanan internet, dan banyak hati-hati, tidak ada alasan bagi komputer Anda untuk tidak terlindungi.

Categories: umum
  1. July 19, 2013 at 10:55 am

    This blog was… how do you say it? Relevant!! Finally
    I’ve found something which helped me. Thanks!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: