Home > Pemrograman > Google Luncurkan Bahasa Pemrograman Baru, Go

Google Luncurkan Bahasa Pemrograman Baru, Go

Google telah memperkenalkan sebuah software bahasa pemrograman baru yang dikenal sebagai Go yang diharapkan dapat menjadi lebih efisien, cepat, produktif dan menyenangkan bagi para developer untuk menggunakannya. Setelah sistem operasi Android, kini Google mencoba bereksperimen dengan sebuah bahasa pemrograman open source bernama Go, yang akan mengoptimalkan kehandalan aplikasi dan system multi-processor.

Go merupakan bahasa pemrograman kedua yang pernah dirilis Google di akhir tahun 2009. Sementara di bulan Juli 2009 lalu, Google telah merilis bahasa pemrograman Simple, sebuah dialek BASIC untuk pengembangan aplikasi Android.

Go sebagai “bahasa eksperimental” mencoba menggabungkan development yang cepat, bekerja dalam bahasa dinamis seperti Python dengan kinerja dan keamanan dari sebuah bahasa yang dikompilasi seperti C atau C + +.

Go juga dilengkapi plug-in untuk Eclipse Integrated Development Environment (IDE), dan Google mengembangkan Go untuk pembuatan aplikasi web.

Selain itu, dalam sebuah blog milik tim Google, salah satu anggota tim dari Robert Griesemer, Rob Pike, Ken Thompson, Ian Taylor, Russ Cox, Jini Kim dan Adam Langley berkata: “Di dalam eksperimen kami dengan Go, maka didapatkan suatu taste khas? sesaat, bahkan mampu mengkompilasi binari yang besar hanya dalam waktu beberapa detik. Dan kode dikompilasi berjalan mendekati kecepatan C.”

Sementara itu, dijelaskan dalam FAQ situs Go, “Kami berharap pengguna dapat berpetualang ketika mencobanya dan melihat apakah mereka menikmatinya. Tidak semua programmer akan mencobanya, tapi kami berharap akan menemukan kepuasan dalam pendekatan ini untuk menawarkan pengembangan lebih lanjut.”

Tim Go Google juga menuliskan dalam blog mereka:

“Membangun rasa khas sesaat; bahkan mengkompilasi binari yang besar hanya dalam beberapa detik. Dan kode dikompilasi berjalan mendekati kecepatan C. Tentu saja Go memungkinkan Anda dapat menjalankan program dengan lebih cepat.”

“Go adalah bahasa besar untuk sistem pemrograman dengan supportmnuamelakukan multi-processing, yang segar dan ringan dengan mengambil desain berorientasi objek, ditambah beberapa fitur keren seperti true closures dan reflection.”

Kecenderungan di balik hadirnya Go adalah:

  • Komputer dalam perkembangannya saat ini sangatlah cepat,? tetapi pengembangan software belum secepat itu.
  • Dependensi manajemen sebagian besar kepada pengembangan perangkat lunak saat ini tapi “header file” bahasa di C bertentangan dengan analisis dependensi dan kompilasi cepat.
  • Terdapat peningkatan penolakan terhadap sistem tipe rumit seperti pada Java dan C + +, yang mendorong orang menuju bahasa dinamis seperti Python dan JavaScript.
  • Beberapa konsep dasar seperti pengumpulan sampah dan komputasi paralel tidak didukung oleh sistem bahasa populer.
  • Munculnya komputer multi inti .

“Kami percaya dengan hal itu maka layak mencoba lagi dengan bahasa baru, secara bersama-sama, mengganti koleksi bahasa yang kurang berguna dengan kompilasi yang cepat.”

Categories: Pemrograman
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: